4.14.2018

Wisata Religi Pembangun Hati | Tadabbur Alam 2018

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil ‘alamin Program Kerja Rohis 2017/2018 sudah terlaksana kembali yaitu Tadabbur Alam pada hari Selasa, 10 April 2018. Tadabbur Alam tahun ini diikuti oleh 29 akhwat dan 26 ikhwan yang terdiri dari anggota Rohis dan beberapa Siswa/siswi SMA Negeri 2 Purwokerto. Didampingi oleh Bapak Sugito, Bapak Kharis, dan Ibu Ratna. Dengan objek ke Makam Sunan Muria, Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Makam Sunan Kudus, Masjid Agung Demak, Makam Raden Patah, Makam Sunan Kalijaga, Masjid Agung Jawa Tengah. Selain berziarah makam wali, kami juga belajar dan melihat langsung peninggalan sejarah penyebaran agama Islam khususnya di Jawa Tengah.
Pembekalan

Rombongan berkumpul pada hari Senin, 9 April 2018 ba’da maghrib dan melaksanakan shalat Isya berjamaah di Masjid Jenderal Sudirman sebelah barat SMA Negeri 2 Purwokerto. Setelah semua anak sudah berkumpul di bus. Selanjutnya di absensi dan diberi pengarahan oleh akhi Haidar Rafi, pengantar oleh Bapak Kharis, dan Do’a yang dipimpin oleh Bapak Sugito. Kami berangkat sekitar pukul 20.00.

Pukul 03.00 kami sampai di lokasi pertama yaitu Makam Sunan Muria yang berada di kaki gunung Muria oleh sebab itu udara disini sangat dingin. Dari lokasi parkir bus kami harus menaiki ojek yang ada untuk menuju gerbang makam Sunan Muria dengan jalan yang dilalui sangat memacu adrenalin, naik curam dan berkelak-kelok. Setelah bersih diri dan berwudhu, kami melaksanakan shalat shubuh di masjid sekitar. Barulah berziarah ke Makam Sunan Muria/ Raden Pawarta. Suasana makam yang ramai oleh peziarah tidak mengurangi kekhusyukan dalam berdoa. Disini pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar. Setelah berziarah kami turun melewati jalur pejalan kaki yang kanan kirinya terdapat lapak-lapak pedagang penjual berbagai macam oleh-oleh.

Usai ziarah Sunan Muria

Sesampainya di bus, kami sarapan sebelum melanjutkan perjalanan sekitar pukul 07.30 pagi. sebelum ke objek utama, transit dahulu di terminal kota Kudus untuk bersih diri selama 1 jam. Sampai di parkiran sekitar jam 10, becak wisata akan mengantarkan kita dari parkiran menuju masjid Al Aqsha Menara Kudus. Disana kami berziarah di makam Sunan Kudus/ Ja’far Shodiq.

Naik becak ke makam sunan kudus

Akan memasuki makam sunan Kudus
Masjid Menara Kudus
Melanjutkan perjalanan menuju kota Demak. Kami sampai di Masjid Agung Demak sekitar pukul 13.00 untuk shalat Dzuhur – Ashar di jamak. Kemudian berjalan menuju makam Sunan Kalijaga. Ada pula yang menaiki andong atau becak. Setelah berziarah Sunan Kalijaga/Raden Said, seperti pada objek wisata religi lain pasti ada pasar penjual pernak-pernik khas, jadi kami berjalan-jalan sembari beberapa membeli juga sebelum melanjutkan perjalanan ke Semarang.

Masjid Agung Demak

Sunan Kalijaga
Sampai di Masjid Agung Jawa Tengah sekitar pukul 17.00. kami berfoto ria disana hingga adzan maghrib berkumandang lalu shalat maghrib berjamaah. Setelah itu kami menaiki Menara pandang Masjid Agung Jawa Tengah dengan lift. Sebelumnya membeli tiket di loket yang disediakan. Kami menikmati keindahan dan berfoto sepuasnya di Menara. Pemandangan kota Semarang pada malam hari sangat cantik menjadi penutup cerita perjalanan Tadabbur Alam 2018 ini. Setelah melaksanakan shalat Isya, bus kami meluncur menuju Purwokerto. Di bus ada sepatah kata sekaligus penutup yang disampaikan oleh akhi Ahda Fahmi selaku ketua panitia kegiatan dan doa penutup yang dipimpin oleh Bapak Sugito.  Sampai di Masjid Jenderal Sudirman pada pukul 02.30.
Masjid Agung Jawa Tengah
Add caption

Terimakasih kami ucapkan kepada peserta yang berkenan mengikuti Tadabbur Alam ini, P. O. Teguh Muda yang mengantar rombongan kami, dan segala pihak yang mendukung Progja ini sehingga Alhamdulillahirabbil’alamin kegiatan tadabbur Alam ini berjalan lancar. Menjadi pengalaman mengesankan dan tak terlupakan bagi para peserta.